Wednesday, 6 April 2011

Mewarnai IKan


IKAN HIAS

Adik-adik pernahkah kalian pergi ke pasar ikan hias. Senang ya banyak sekali jenis-jenis ikan. Setiap ikan mempunyai ciri dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang bentuknya lonjong, ada yang bulat ada pula yang segitiga. Perhatikan juga warna-warni ikan yang ada. Kalau melihat ikan yang beraneka ragam jenisnya kita bisa belajar tentang warna.

Kakak kasih tahu rahasia ya. Seorang seniman terutama seniman lukis pada mulanya juga bodoh tidak mengerti tentang pengetahuan warna. Akan tetapi biasanya seorang seniman itu suka mengamati, merasakan dan menghayati apa yang tengah dilihatnya. Lama sang seniman termenung kemudian bisa saja ia terinspirasi dengan apa yang tengah dilihatnya tadi. Timbullah keinginan sang seniman untuk menciptakan karya. Kalau ada pertanyaan, bodoh kok bisa berkarya kak?. Jawabnya ya dari kebodohan itu sang seniman ingin menjadi pintar maka ia mengungkapkan apa yang tengah dilihatnya tadi.
Setelah karya itu jadi, sang seniman tidak lantas puas dan berbangga diri. Akan tetapi masih terus saja dia melihat, merasakan dan menghayati pada karya yang diciptakannya tadi. Terus apa maksudnya kak kok mengamati, merasakan dan menghayati.

Inti cerita kakak adalah alam ini merupakan guru yang maha pintar. Belajarlah dari alam, meniru lantas mengembangkannya menjadi sesuatu yang unik dan menarik. Pada bidang senirupa alam telah menyediakan semuanya, tinggal kita mau atau tidak untuk mempelajarinya.

Sudah deh kakak tidak perlu banyak cerita. Eh jangan lupa lho tempat downloadnya gambar ikan yang berformat Corel Draw ada disini. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment