Monday, 19 November 2012

Mojok berdua di malam minggu Assoy Pak De !!!!

Pasti deh kamu berprasangka buruk, ketika melihat judul postingan kakak di atas. Jangan berprasangka jelek dulu lah. Mojok maksud kakak dari pada malam minggu buat begadang mendingan ke Warnet untuk cari sesuatu. Lho memangnya mau cari apa?.... Elll lloh...katanya mau jadi Cendekiawan, ya cari apa saja lho yang bisa bikin kamu jadi tambah wawasan.

Nah sekarang kalau sudah mojok berdua ( maksud kakak dua orang di dua bilik warnet, jangan campur satu bilik. Bahaya kalau cowok sama cewek?). Heh....sudah bawa flash disk belum? buat menyimpan data . Nah kalau kamu cuma bawa satu flashdish dan ingin memakai berdua caranya bagaimana. Sini sayang kakak kasih tahu. 

Alangkah baiknya kamu bikin folder baru dulu di computer warnet yang kamu pakai.lalu kamu copy  data yang kamu perlukan kemudian pastekan di folder baru tadi. Oh ya folder ini jadikan sebagai tempat penyimpanan juga lho. 

Waduh ribet amat seh. Begini lho kakak mau mengajari kamu bagaimana caranya sharing data di computer jaringan. Tujuannya yaitu agar computer dalam satu jaringan akan  bisa mengakses data dari computer lain. Sudah agak jelas ya. Kita lihat saja deh tutorialnya. Seperti biasa buat para Genius tutorialnya cukup memakai bahasa gambar saja.

















Ingat lho apabila dalam satu warnet ada 20 bilik berarti ada 19 client yang bisa membuka serta memakai data yang kamu share tadi. Oh ya untuk memakai data yang di sharing alangkah baiknya kamu copy dulu siapa tahu tiba-tiba sumber data di computer itu dimatikan. Wah...lak Ngaplo.......






Sunday, 28 October 2012

Cara menulis rumus Matematika di Microsoft Office Word

Halo semua...? Bagi yang Muslim aku ucapkan Selamat Hari Raya Kurban ya. O ea...bisanya nih banyak daging kambing ato sapi yang dibagi-bagikan ke masyarakat. Pasti lagi satean ya. Hemmm senang rasanya bisa makan sate bareng teman-teman dan tetangga. 

Ditempat kamu banyak tidak yang Qurban ?...elloh kok cuma sedikit. Ha..ha..ha,,kakak tahu pasti di tempat kamu banyak penduduk miskin. Sabar dong ! Lha memang miskin apa yang mau diqurbankan.

Sorry deh...ternyata kakak keliru masak banyak yang mengakses internet kok miskin. Aku tahu ditempat kamu banyak orang kaya tapi pelit tidak mau berqurban. Kaya kok pelit Jueh...pergi saja ke laut hidup saja sendiri disana. Malu-maluin bangsa Indonesia yang terkenal murah senyum, ramah, suka menolong pada sesama serta yang lebih penting lagi dermawan....sekali lagi dermawan.... kedermawanan orang-orang kaya akan mengurangi sedikit kesulitan saudara kita yang hidup dalam kemiskinan.

Lho...kok jadi blakraan begini ya. Aku tadi berniat mengajari kalian menulis rumus-rumus Matematika di Microsoft Office. Maaf deh. Kita mulai ya. Seperti biasanya buat kalian yang ber IQ super jenius tutorial kali ini kita mulai memakai gambar ya.

Nah..sudah jelas belum?...tunggu deh nanti kakak tambahi keterangannya lagi. Sekarang kakak mau ikut tahlil dulu ya.

Saturday, 20 October 2012

Free disain Cover Buku Panduan Ziarah yang Elegant

Ouwiggghhhh....sebuah judul postingan yang kakak rasa teramat sangat keren. Padahal seh isinya cuma celkutiq........ Tidak apa-apa adik-adik sekali-kali kita bohongi dunia toh bohong kita tidak merugikan berupa materi. Yaaaaa...inilah dunia penuh kepalsuan. Hati-hati dan Waspada....waspada...waspadalah.....!!!!!

Oooow eaaaa maksud kakak kali ini adalah mau bagi-bagi disain. Barangkali saja kamu atau kakak kamu sedang diserahi tugas membuat buku panduan buat Ziarah. Kebetulan nih kakak punya disainnya. Mau kakak bagi-bagi. Lihat dulu deh penampilannya seperti dibawah ini. Ada Cover depan dan belakang plus disain tata letak isinya.




Bagaimana ? lumayan kan. Ya...hitung-hitung dari pada polos dan cuma tulisan doang. Oh eaa disain itu format filenya Coreldraw X3. Jadi bagian yang kamu tidak suka bisa kamu ganti dengan mudah. Sudah deh kakak tidak banyak omong. Kalau kamu suka silahkan kamu datang kapan saja. Barangnya aku titipkan di bang Ziddu. 


Tuesday, 16 October 2012

Lho Ijik sisa akeh ( Lho kok sisa kertasnya masih banyak)

Halo-halo..adik-adik pembaca setia kakmamad.blogspot.com apa kabar kalian. Pernahkah kalian mengalami peristiwa ngeprint dan hasilnya sisa dari kertas itu masih banyak. Contohnya seperti in lho.

Gambar di atas adalah contoh settingan waktu kalian mengetik dan dibawah ini adalah hasil dari print out ketikan kalian.


Elloh..bener tow...ijik sisa akeh. (Bener kan masih sisa banyak). Kenapa terjadi demikian? Itu karena antara setingan halaman ketikan tidak sama dengan setingan ukuran kertas di printer kamu. Bisa juga kamu tidak kontrol alias tidak melihat setingan ukuran kertas saat kamu mengetik.dengan kertas yang kamu pakai ngeprint. Kok keterangannya mbulet bin ribet ya. 

Halo..halo...halo....para Genius, calon-calon pencipta makanan dalam tablet. Sekarang kakak ganti saja biar temanya langsung mengena. Kakak sebenarnya ingin mengajari kalian bagaimana menata atau membuat halaman kerja di aplikasi Microsoft Office Word , karena kakak yakin kamu adalah para intelektual muda dengan IQ super maka tutorial kakak kali ini memakai bahasa gambar saja dengan sedikit keterangan.

Yok-e kita mulai come on lets go baby :

Nah...sudah paham kan?. Memang seh paling enak bicara sama orang-orang Genius,gampang menangkap maksud pembicaraan lawan bicaranya. Beda dengan ngomong sama yang punya IQ pas-pasan . Bicara sudah sampai ludah muncrat dan menetes. E..e..e ..masih juga tidak mengerti. Tapi tidak apa-apa ya sabar dan tetap kita layani saja. 

By the way...kalian punya uang receh apa tidak?...Ayo dong belikan kakak Pentol.

Tuesday, 9 October 2012

LABAIK ALLAHUMMA LABAIK

Labbaika Allahumma labbaika.
Labbaika la syarika laka labbaika.
Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.
laa syarika laka.

Ya Allah, aku datang karena panggilanMu.
Tiada sekutu bagiMu.
Segala ni’mat dan puji adalah kepunyanMu dan kekuasaanMu.
Tiada sekutu bagiMu.

Hei...adik - adik semua. Kalimat pembuka di atas adalah kalimat yang diucapkan disaat kita  melaksanakan ibadah Haji. Oh ya sekarang kan lagi musim haji ya. Nah kali aja yang lagi naik haji adalah keluarga kalian yang usianya masih cukup muda. Misalnya kakak kalian.

Nah postingan kakak kali ini bukan bermaksud mau ceramah tentang ibadah haji. Kakak punya ilmu yang kakak yakin masih jarang yang mengetahui. .....apak-an tu?

Sssttttt .....mengkompres foto biar ukurannya lebih kecil tanpa mengurangi kwalitas tampilan fhoto itu. Caranya bagaimana? Yang jelas pakai alat dung. Nama alatnya Microsoft Office Tools lebih spesifiknya Microsoft Office Picture Manager. Jangan bilang-bilang ya. Ini hanya kamu yang kakak kasih tahu. Heh...dekatkan telinganya dong, ada tetangga nih yang lagi nguping. Begini lho rahasianya. ( Ikuti petunjuk lewat gambar - gambar saja ya ).

Nah gampangkan. Terus apa gunanya?. Begini adik-adik. Fhoto yang telah dikompres tadi akan lebih cepat proses uploadnya  bila kita kirimkan melalui email. Nah bagi kamu sama kakak kamu yang sedang pergi haji dengan biaya Rp. 2.500 perjam maka kamu dapat saling berkirim fhoto dalam jumlah yang lumayan banyak. Asyik kan ?.Nah dibawah ini ada contoh fhoto yang sudah kakak kompres.

Glodak..glodak...gedebuk...grosak...Crottt. Ha..ha..ha...(hei tetangga kita yang lagi nguping pembicaraan ini jatuh dari atas meja). Huwa...ha..ha..ha...Kasihan deh loe.
 

Thursday, 30 August 2012

Beramal tapi kurang Ikhlas - Print Screen Saja Uhuy

Hallo..hallo..rojer..rojer..branjangan satu-branjangan satu calling. Disini ..ikan cucut mau bagi-bagi Ilmu. Ikhlas kok tidak pakai setengah-setengah. Apa bisa didengar Ganti !......Ha..ha..ha..! Just Kidding ! Owalah rek-rek, lha yang punya blog arek Jatim ya jelas saja penuh humor.

Begini lho adik-adik berkaitan dengan judul postingan kakak diatas, sekalian berhubungan dengan postingan kakak kemarin yang kakak maksud adalah " Apakah kalian  pernah menemukan salah satu situs yang ada di internet yang susah untuk diambil data-datanya. Baik itu berupa data text atau data gambar, dimana data tersebut sangat kalian perlukan untuk memenuhi tugas-tugas dari sekolah kalian? ", jika kalian mengalami tidak bisa memblok text untuk copy paste jangan bersedih sayang. Kakak akan menolong kamu !

Beramal saja kok setengah-setengah ya, lha mbok dikasihkan semuanya. Apa tidak malu sama lirik lagunya Bang Bimbo? Payah deh ! Kata pak Kiyai barang siapa beramal Ilmu maka Tuhan akan membalas dengan memberikan Ilmu yang jauh lebih berguna bagi dirinya. Percaya tidak ? Gak percaya ya gak papa, begitu saja kok repot.

Nah sekarang untuk dapat menyalin data-data yang kalian temukan maka kamu perlu tahu dengan salah satu fungsi tombol keyboard yang ada di PC kamu. Nama Tombolnya Print Screen. Sudah tahu belum tombolnya yang mana ? Lihat gambar kakak di bawah ini.


 


 






Hueeeehhhh.....aemmm...eh adik-adik sekarang sudah jam 11.41 WIB. Kakak ngantuk, besok saja ya kakak terusin. Sumprit kok kakak tidak bohong. Emmmm...ahhhh ...zzz..zzz..zzzz ..kroggg...kroooggg....zzzz...

Huahhhhh....emmmmmmm...segar rasanya. heh..maapin ya adik-adikku maapin kakak. Kakak sudah 3 hari 3 malam ketiduran. Apa memang seniman gaya hidupnya begini ya. Lupa makan, lupa tidur, lupa punya janji, lupa punya hutang. Bener kok gak sengaja. Sudahlah kita mulai lagi saja tutorialnya. Emmm.... lihat gambar kakak di bawah ini ya !!!

 Tahapan Pertama adalah membikin shortcut buat aplikasi paint, caranya :
  1. Klik start
  2. Sorot All program
  3. Sorot Accessories
  4. Sorot lagi Paint
  5. Klik kanan Send to
  6. Klik Dekstop (create shortcut)
Sim salabim jadi dah seperti gambar dibawah ini :
 Kalau icon shortcut paint kamu klik 2x, maka sim salabim tak sulap jadi :
Uhui..hebat kamu sekarang. Nah tampilan Paint di atas bisa kamu besarkan atau kamu kecilkan persis seperti tampilan video di Youtube. caranya klik kotak bujur sangkar di pojok kanan atas atau bisa juga kamu tarik dan tahan / drag pada ujung kiri bawah.
Nah selanjutnya bagaimana, cara kerjanya ? begini, Ikuti ya. " bu - jaba - jabu tak sawat taek-e asu". Cepet sekarang tekan tombol print screent-nya. Selanjutnya klik 2x ikon Paint.
Lalu lakukan tindakan seperti ini :
  1. Klik edit 
  2. Klik paste
Sim salabim adakadabra, lihat lagi :
Ini tampilan kecil dari Paint
Nah ini yang tampilan besar atau full satu layar penuh.
Terus bagaimana cara memanfaatkannya buat menyimpan data dari salah satu Website yang ada di internet. Kira-kira ada yang sudah tahu? Kalau belum coba kamu buat PR dulu, minggu depan kakak nilai.

Hallo-hallo....sudah 3 minggu lho. Ayo cepet mana PR-nya kumpulin-kumpulin. Pasti nilainya bagus-bagus dan sangat memuaskan. Tidak sangka ternyata pembaca blognya kakmamad adalah sekumpulan orang-orang Genius. Hemmmmm....mantab.

Oh ya. sebagai rasa terimakasih kakak pada kalian para Genius dan Cerdik Cendekiawan. Yang telah mengerjakan PR dengan nilai yang sangat memuaskan. Nah kali ini kakak mau kasih hadiah yang berkaitan dengan tutorial di atas yang belum Jangkep alias cuma sepenggal.

Tidak banyak omong cepat kalian klik dan masuk kesini dulu. Tapi sebelumnya kalian harus permisi dulu mohon maaf pada Tante Ahira. Katakan pada beliau seperti ini " Maaf Tante, kami semua datang kesini bukan ingin mengolok-olok anda dermawan yang tidak Ikhlas. Tapi kami hanya bermaksud untuk belajar menjadi lebih baek dari kemarin. Maaf ya Tante Ahira atas ketidaknyaman ini, terimakasih".

Nah, sekarang kamu salim dulu sama Tante, biar boleh masuk. Klik photonya dong.

Kalau kalian tidak salah masuk, Tante AnneAhira akan menyambut kamu ramah seperti ini. Katakan saja, "maaf Tante anda baik sekali tapi kami semua tidak ada waktu". Lantas klik Closed seperti yang kakak contohkan.

Setelah itu Tante mengijinkan kamu masuk. Kira-kira gambarnya seperti ini.

Lalu bagaimana selanjutnya ? Ya kamu ambil yang penting-penting saja. Yang jelas kamu kan cuma butuh artikel atau data-data yang tidak bisa di Copy-Paste. Sekarang coba lihat gambar kakak berikut ini.




Nah lakukan menarik seperti yang kakak kasih tanda panah agar tampilan yang ada cuma data-data saja. Kalau sudah betul dan mirip dengan gambar diatas. Maka lakukanlah tekan tombol Print Screen. Lantas kamu buka aplikasi Paint dan lakukan Klik menu Edit > Klik Paste. Gambarnya seperti ini.

Setelah itu yang harus kamu lakukan adalah :
  1. Tarik dan sesuaikan data yang ingin kamu copy saja yang boleh nampak.
  2. Klik Box Tool lalu lakukan klik dan Drag. Bloking area yang kamu perlukan.
  3. Bloking yang kamu lakukan tadi akan ditandai seperti garis semut atau garis patah-patah yang mengelilingi.
  4. Klik menu edit. Lalu kalian boleh klik copy atau cut.
Nah sekarang kamu buka satu aplikasi lagi yaitu Microsoft Office Word. Lalu lakukanlah klik Paste seperti gambar dibawah ini.

Waow...sudah jadi ternyata. Sekarang coba kamu praktekkan sampai data yang ada di rumahnya Tante AnnaAhira bisa kamu salin semua di Microsoft Office Word. Sehingga kamu tidak perlu bersusah payah untuk menyalin data-data Tante dengan cara menulis. Jika kamu benar dan hasilnya bagus maka hasil print screen kamu akan sama dengan punya kakak seperti gambar di bawah ini. (Download dulu ya. Di 4shared)









 

Wednesday, 29 August 2012

Kotak hitam bikin BeTe

 Kotak Hitam bukan Black Box lho !

Hai semua lagi apa nih...apa kabar ? Sudah lama kita tidak berjumpa. Iseng-iseng ada yang pernah mengalami tidak, sewaktu kalian lagi surfing. dan meng copypaste sebuah artikel dari sebuah situs, ealah lha kok latar belakang ada kotak hitamnya. Padahal kita cuma butuh tulisannya saja.

Tenang kawan, kamu pasti bete karena kalau mau ngeprint data tersebut pasti kena biaya mahal. Kakak sendiri sempat puyeng dengan masalah ini. Tapi jangan khawatir kakak sudah tahu rahasianya kalau mau menghilangkan. Caranya begini lho (lihat gambar panduan ya).

1. Seperti    gbr dibawah ini, kamu klik dulu tex yang ada di box hitam. Nah setelah aktif     kamu klik lagi menu yang ada di bar atas namanya Text Box Tools


2. . Setelah itu kalau kamu ingin menghilangkan warna hitam pada text box kamu cuma perlu melakukan klik shape fill lalu klik lagi pilh no fill.


3. Elloh, kok masih ada garis kotaknya ya. Ha..ha..ha...jangan khawatir kamu tinggal mengaktifkan shape outline. Lalu pilih no outline.


Uwah..uwah..uwah...hebat deh, kamu sekarang jadi lebih baek dari kemarin. Ck...ck...ck...udah ya kakak mau ke warung kopi dulu, sudah ditunggu teman-teman nih. Bye, sukses ya buat kalian!