Pages

Tuesday 25 March 2014

Membuat disain sederhana dengan Microsoft Office Word


Cara memberikan teks diatas fhoto pada Microsoft Office Word

Pada saat-saat tertentu kita akan dihadapkan dengan sebuah peristiwa yang terasa sangat penting. Dan untuk menandai agar peristiwa itu sangat berarti, maka kita ingin memberikan sebuah kalimat-kalimat yang mengandung kata-kata mutiara disertai dengan sebuah fhoto agar lebih berkesan. Dengan kata lain sebuah kartu ucapan mungkin yang pas untuk diberikan. 

Membuat sebuah disain sederhana bukanlah sesuatu yang rumit dan sulit untuk kita lakukan. Dengan tutorial ini kalian akan kakak bimbing dengan mudah dan gampang. Barangkali saja mama atau ayah kalian lagi berulang tahun. Lumayan deh biar jelek hasil karya sendiri. Oke kita mulai. 
  1. Kalian buka aplikasi Microsoft Office Word 2007 (kebetulan yang 2007) yang kakak pakai. Setelah masuk. Klik insert klik lagi picture. Setelah kamu klik picture biasanya akan muncul pilihan dari Drive mana dan folder apa file fhoto yang akan kalian sisipkan. Sebagai contoh di drive d folder kakmamad file fhoto ketupat. Jika sudah ketemu dan yakin fhoto itu yang akan dipakai langsung klik dua kali fhotonya, atau sorot aktifkan lalu klik insert. 


  1. Jika langkah kamu benar maka tampilannya akan menjadi seperti ini.
  1. Sekarang kita akan melakukan menaruh teks diatas fhoto ketupat dibagian daerah yang kosong. Caranya klik insert lalu klik shapes. Pada saat kamu klik shapes akan muncul beberapa pilihan bentuk shape. Sebagai contoh kakak akan memilih shape persegi panjang dengan ujung melengkung.
  1.  Setelah kamu pilih salah satu shape biasanya icon kursor berubah menjadi tanda +, jika demikian klik dan seret untuk membuat sebuah bidang persegi panjang atau bujur sangkar. Usahakan bidang ini sebesar bidang yang kosong yang ada di fhoto yang akan kamu sisipi teks.
  1. Pada contoh diatas shape bujur sangkarnya terlalu besar. Maklum buat contoh agar kalian jelas. Pada gambar diatas mouse kakak belum kakak lepas maka yang Nampak hanya sebuah garis line saja. Setelah kakak yakin besar shapenya pas dengan bidang kosong yang ada di fhoto maka mouse akan kakak lepas dan hasilnya seperti gambar dibawah ini. Langkah selanjutnya adalah klik edit teks (1) maka kursor akan berubah (2) Mulailah mengetik kata-kata yang ingin kamu sisipkan.
  1. Setelah selesai menulis beberapa kalimat kembali lagi klik home. Tujuannya adalah untuk melakukan pengeditan tulisan misalnya memilih jenis huruf serta besarnya, atau bisa juga mengganti warna huruf. Untuk melakukan pengeditan kalian harus mengeblok semua huruf yang ada di dalam shape tersebut. Baru kemudian melakukan klik perintah misalnya pada gambar di bawah ini kakak perintah huruf menjadi rata tengah.


  1. Setelah pengeditan susunan atau komposisi serta warna huruf selesai maka kita akan menghilangkan isi/fill dan garis/line menjadi kosong atau tidak Nampak. Caranya aktifkan shape tadi(1), jika benar maka disekeliling shape tersebut akan nampak 8 titik node. Jangan keliru mengaktifkan fhoto lho. Kemudian klik pada menu text box tools (2) maka akan ada menu pilihan untuk merubah isi dan garis shape tadi (3) Pada menu shape fill pilih no fill pada shape outline pilih no outline.
  1. Kalau kamu benar seharusnya hasil pekerjaan kalian akan sama seperti punya kakak yang ada di bawah ini. Lho kok Ukuran shape persegi panjangnya jadi kecil. Untuk merubahnya kalian cukup menarik node yang ada ditiap ujung shape/persegi panjang tadi. Dan untuk menggesernya kamu cukup mengarahkan kursor kalian ke garis shape bagian atas jika kursor sudah berubah menjadi tanda + klik tahan dan seret ke tempat yang kamu kehendaki. Gampang toh.
    Oke selamat mencoba.
     
    Bagi yang ingin download tutorial kakak yang format filenya Microsoft Office Word bisa klik disini, bukan ditulisan disini tapi klik icon kakak dibawah ini.

    https://www.mediafire.com/?03o21028szz3b63



No comments:

Post a Comment